Selasa, 26 Maret 2013

tema dalam karya seni rupa

TEMA-TEMA BERKARYA SENIRUPA

A. Pengertian dan Tema Karya Seni rupa

Pengertian karya seni rupa murni yaitu karya seni rupa yang mana dalam penciptaannya hanya mengutamakan nilai seninya semata.
Adapun jenis karya seni yang diciptakan di Indonesia antara lain :
1. Seni Lukis                        4. Seni Kartun
2. Seni Patung                      5. Seni Topeng, dan lain-lain
3. Seni Fotografi

Sedangkan tema yang biasa digunakan oleh para perupa antara lain :
1. Hubungan antara manusia dengan dirinya
lukisan potret diri
Seni rupa merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk menuangkan gagasan atau ide dari seseorang. Untuk mengungkapkan citarasa keindahan manusia mewujudkannya lewat media ekspresiDi dalam pengungkapannya tersebut kadang seseorang menggunakan potret dirinya sendiri sebagai objek lukisannya..Contoh pelukis Indonesia yang menggunakan dirinya sebagai tema karya seninya adalah Affandi dan S. Sudjojono. Dengan lukisannya yang berjudul “Potret Diri”.









2. Hubungan antara manusia dengan manusia lain

NASKAH LKS SENI BUDAYA - subhandepok | Kita viewPENGERTIAN DAN TEMA KARYA  SENI RUPA Pengertian dan Tema Karya Seni rupa Pada semester gasal yang lalu  telah dijelaskan tentang pengertian karya seni rupa
Ibuku karya  Affandi
mengekspresikan citarasa keindahan menggunakan objek orang-orang yang ada disekitarnya. Seperti istrinya, anak-anaknya, orangtua, saudaranya, temannya, tetangganya, kekasihnya, sahabatnya, atau orang-orang yang ada dalam  pikirannya

Contoh pelukis Indonesia yang  tema hubungan antara manusia dengan manusia yang lain adalah Affandi dengan lukisannya “Ibuku” dan “Mertua Saya”, dan S. Sudjojono dengan lukisannya :Istriku Roos Pandanwangi”, “Mariane Dara Putih Anakku”.





3. Hubungan antara manusia dengan alam sekitarnya
.
Contoh pelukis Indonesia yang menggunakan tema hubungan antara manusia dengan ala m sekitarnya adalah R. Saleh dengan lukisannya “Kebakaran Hutan”; “Tanah Lot”, “Gajah Malam”, “Ketika Musim Salju Tiba”; S. Sudjojono dengan lukisannya “Pantai Wonogiri”, “Pemandangan di Tepi Jalan Cipayung”; dan Wakid dengan karyanya “Di Tepi sawah”.




Gambar 1.1 : Contoh lukisan dengan tema hubungan antara manusia dengan alam sekitarnya “Di Tepi Sawah”.








4. Hubungan antara manusia dengan benda di sekitarnya
Contoh pelukis Indonesia yang menggunakan tema hubungan antara manusia dengan benda di sekitarnya.






5. Hubungan antara manusia dengan kegiatannya
Contoh pelukis Indonesia yang menggunakan tema hubungan antara manusia dengan kegiatannya adalah “Tertangkapnya Raden Saleh”.







Gambar 1.2 : Contoh lukisan dengan tema hubungan antara manusia dengan kegiatannya “Tertangkapnya Raden Saleh”.


6. Hubungan antara manusia dengan khayalannya
Karya seni yang sering menampilkan khayalan adalah seni pewayangan (wayang). Berikut ini contoh lukisan karya Basuki Abdulah dengan obyek berkostum wayang.

Jual lukisan pantai - Kab. Wonogiri - Maestro Art Gallery | Tokopedia








6 komentar: